BAB IV
YESUS MEWARTAKAN DAN MEMPERJUANGKAN
KERAJAAN ALLAH
A. Gambaran kerajaan Allah pada zaman yesus
Yesus mewartakan
kerajaan Allah di tengah-tengah banyak orang pada saat itu sudah banyak yang
menganut system kepercayaan yang tidak bisa di hilangkan atau di musnahakan
dengan begitu saja. Namun, dengan dorongan roh kudus dan dorongan dari Allah ,
Yesus terus berjuang agar misi-Nya untuk mewartakan kerajaan Allah dapat sampai
ke seluruh dunia. Dan buktinya samapai sekarang banyak umat yang mengikuti
Yesus .
Yesus mempunyai kaitan yang sangat erat dengan
kerajaan Allah. Yakni Yesus adalah mesias anak Allah yang di utus ke dunia
untuk mewartakan kerajaan Allah keseluruh dunia .
Kerajaan Allah
hendaknya kita sambut dengan tindakan-tindakan yang baik. Seperti : rajin
berdoa, merenungkan kitab suci, dll.
Ada pun
paham-paham tentang kerajaan Allah :
a. Paham kerajaan Allah yang berciri
nasionalistis
Paham ini di hayati oleh kaum zelot. Kegiatan ini
bertujuan membebaskan bangsa Israel dari kuasa politik penjajah kafir. Merekan
berharap dengan kebangkitan nasionalisme, bangsa Israel dapat tercapai dan
kerajaan Allah tercipta.
b.
Kerajaan Allah menurut pandangan para apokaliptis
Menurut aliran ini , kerajaan Allah adalah sebuah
kenyataan pada akhir zaman.
c.
Kerajaan Allah menurut pandangan para nabi
Kekuasaan Allah sebagai Raja semesta alam dengan
menghakimi dan menyatakan kepada sekalian bangsa.
B. Yesus mewartakan kerajaan Allah
PEWARTAAN YESUS TENTANG KERAJAAN
ALLAH
Dalam mewartakan kerajaan Allah , yesus kerap
kali menggunakan perumpamaan. Dengan perumpamaan itu, para pendengar lebih
mudah menangkap pesan yang ingin di sampaikan pleh Yesus.
Perumpamaan-perumpamaan Yesus ingin menyampaikan hal-hal berikut :
1.
Kerajaan Allah Sudah Dekat
Yesus mewartakan kerajaan Allah sudah dekat, bahkan sudah datang terutama dalam diri
Yesus. (lih. Mrk 13:23-24)
Penghakiman Allah akan datang dengan cara
tiba-tiba dan tidak di sangka-sangka. (lih. Mrk 24:50)
2.
Kerajaan Allah berarti Allah Mulai Memerintah
Allah yang memerintah di lukiskan oleh Yesus
sebagai Bapa. Allah itu sungguh-sungguh Bapa yang baik hati dan suka
mengampuni.
3.
Kerajaan Allah Menuntut Sikap Pasrah (Iman) Manusia Kepada Allah
Allah meraja dengan kasih. Oleh sebab itu,
manusia di tuntut sikap pasrah dan sikap iman kepada Allah. Allah menjadi
harapan,sandaran, dan andalan bagi manusia. Manusia tidak boleh mengandalkan
hal-hal lain , seperti harta,kekuasaan, bahkan dirinya sendiri.
4.
Kerajaan Allah itu Suatu Karunia
Kerajaan Allah adalah karunia dari Allah, bukan
hanya jasa manusia. Dengan kata lain, pemerintahan Allah tidak di tegakkan atau
di wujudkan hanya oleh daya upaya manusia.
PERBUATAN-PERBUATAN YESUS DALAM RANGKA MEMPERJUANGKAN
KERAJAAN ALLAH
Yesus memaklumkan dan memeprjuangkan kerajaan
Allah dengan perkataan dan perbuatan.makan dalam kesempatan ini akan di
jelaskan mengenai perjuangan yesus melalui perbuatan.
1.
Yesus mengadakan mukjizat-mukjizat
Yesus mewartakan kerajaan Allah tidak hanya dengan
sabda Nya., tetapi juga dengan mukjizat Nya. Mukjizat hanya sebagai tanda bagi
orang yang percaya, yaitu tanda kemurahan hati Tuhan. Sedangkan bagi yang tidak
percaya adalah suatu pertanyaan. Mukjizat-mukjizat itu mau menunjukkan :
a. Yesus menghubungkan mukjizat-mukjizat Nya dengan penberitahuan tentang
Kerajaan Allah. Di luar itu, Yesus tidak pernah membuat mukjizat. Itulah
sebabnya , Yesus menolak membuat tanda/mukjizat di hadapan pejabat atau orang
banyak
b. Dasar dan motif mengadakan mukjizat adalah pemberitahuan tentang
kerajaan Allah. Pemberitaan tentang kerajaan Allah hanya di tujukan kepada
orang yang tertindas. mukjizat-mukjizat itu menyatakan bahwa kerajaan Allah
yang di wartakan yesus dan yang membebaskan orang dari kuasa jahat, benar-benar
bagi mereka
c. Mukjizat Yesus mempunyai arti mesianis. Artinya, mukjizat Yesus mau
menunjukkan bahwa Yesus adalah mesias yang di nanti-nanti kan
d. Mukjizat Yesus menyatakan solidaritas Allah dengan manusia yang miskin
dan menderita serta kerasukan roh jahat. Allah menyatakan diri sebagai kawan
dengan orang yang sakit dan kerasukan setan. Dengan demikian, mukjizat yesus
juga menjadi tanda bahwa Yesus datang untuk menampakkan kebaikan hati Allah ,
supaya yang menderita tidak menderita, dll
2.
Yesus bergaul dengan semua orang tanda cinta-Nya yang universal
Yesus dekat dengan semua orang , maka ia juga
sangat terbuka terhadap semua orang . ia tidak mengotak-kotakkan di antara
semua manusia. Yesus pun akrab dengan para pegawai pajak yang korup, dengan
wanita susila,dan para penderita yang di kucilkan.
3.
Yesus membebaskan orang-orang dari beban legalisme
Yesus memaklumkan bahwa Allah adalah pembebas.
Allah ingin memungkinkan manusia mengembangkan diri secara lebih utuh dan
penuh. Segala hokum dan peraturan , dan perintah harus di abdikan kepada tujuan
memerdekakan manusia. Sikap yesus terhadap hukum taurat dapat diringkas dengan
mengatakan bahwa Yesus selalu memandang hukum taurat dalam terang kasih.
4.
Yesus memanggil pengikut-pengikut-Nya
Untuk mewartakan Kerajaan Allah , Yesus memanggil
dan mengutus murid-murid-Nya. Mereka di tuntut memiliki keterlibatan yang
radikal. Orang-orang yang di panggil yesus harus :
a. Segera meninggalkan segala-galanya
b. Belajar dan hidup dekat dengan yesus
c. Siap di utus
d. Siap menderita
Dalam mewartakan kerajaan Allah, yesus tentu
menggunakan beberapa sarana lain. Seperti perumpamaan. Yang di pakai dalam
setiap perumpamaan yesus adalah manusia, hewan,benda,tumbuhan, yang sengaja
Yesus sampaikan secara sederhana agar mudah di pahami.
Manusia seperti , orang-orang yang sudah
meninggal,orang-orang berdosa, raja, penjahat, rakyat jelata dsb
Hewan seperti domba, dsb
Benda seperti uang,koin,mutiara,dsb
Tumbuhan seperti padi,gandum dan pohon ara
BAB V
SENGSARA , WAFAT
, KEBANGKITAN DAN KENAIKAN YESUS
A. Sengsara
dan Wafat yesus
untuk memahami peristiwa Yesus di hukum mati dan menjalani hukuman
mati, ada baiknya kita mengamati dua hal beriktu :
1.
Konteks Sosial Menjelang
Penangkapan , Penangkapan, Penyaliban Yesus
a.
Konteks perayaan
paskah
Perayaan paskah merupakan pesta bangsa Israel untuk memeperingati
peristiwa pembebasan bangsa Israel dari mesir. Bangsa Israel menghayati
pembebasan dari mesir sebagai keterlibatan Allah dalam hidup mereka. Pada
perayaan paskah itu, seluruh rakyat terlibat dengan berziarah ke yerusalem .
b.
Pemberontakan
terhadap pemerintah Roma
Bisanya dalam perayaan paskah, tentara roma selalu siap siaga
untuk mengahadapi kemungkinan yang tidak di inginkan , misalnya kekacauan.
Pewartaan Yesus tentang Kerajaan Allah
dan pernyataan diri-Nya sebagai Mesias dapat menumbuhkan harapan bangsa
yahudi akan datangnya Mesias. Harapan ini akan mendorong mereka untuk
memberontak. Dengan demikian, tindakan Yesus dapat menumbuhkembangkan
pemberontakan politis seperti yang telah di lakukan oleh orang-orang zelot .
c.
Munculnya
Mesias-Mesias Palsu
Munculnya mesias-mesias itu selalu di waspadai
oleh pemerintah Roma. Sebab biasanya setelah seorang mesias mulai muncul, maka
akan di susul oleh pemberontakan.
2.
Mereka yang berperan dalam
peristiwa pengadilan dan penyaliban yesus
a.
Para petinggi agama
Warta dan tindakan Yesus memang baru , merombak
agama Yahudi. Hal ini jelas tidak di sukai oleh para pemuka agama. Para pemuka
itu beranggapan bahwa hanya agama yang menjamin kelangsungan bangsa.
Mereka menudh Yesus dengan alasan sebagai berikut
:
·
Yesus bergaul dengan sampah
masyarakat
·
Yesus di anggap melanggar hukum
taurat
·
Yesus di anggap melanggar adat saleh
·
Yesus di anggap melanggar sabat
·
Yesus di anggap mencampuri urusan
para pemuka agama
b.
Para petinggi pemerintahan
Pewartaan Yesus tentang kerajaan Allah dan
pernyataan diri-Nya sebagai mesias dapat
menumbuh kan harapan bangsa Israel akan
datangnya Mesias. Harapan ini akan mendorong mereka untuk memberontak. Dengan
demikian , tindakan Yesus di anggap dapat menumbuhkan pemberontakan politis
seperti yang di lakukan oleh orang-orang zelot.
c.
Vonis Hukuman Mati untuk Yesus
Hukuman mati di salib itu lebih dari pada
mencabut nyawa. Mati di kayu salib berarti: di buang oleh bangsanya dan di
kutuk oleh Allah. Mayat seorang terhukum harus lekas-lekas di kuburkan, karena
di anggap mengotori dan menajiskan tanah yang di berikan Allah.
KISAH SENGSARA DAN WAFAT YESUS
Kisah sengsara dan wafat yesus yang di sampaikan
oleh Lukas dalam Injilnya sangat khas .
kesengsaraan Yesus di smapaikan Lukas berpangkal dari hasil pengalaman
kehidupannya sebagai murid Yesus. Lukas adalah salah seorang murid Yesus yang
menyampaikan hasil perenungan perjalanan terakhir hidup Yesus.
1.
Penangkapan Yesus di Taman Getsemani
ysesu mengetahui ia akan mengalami
kesengsaraan sebagai konsekuensi dari pewartaan-Nya yang di anggap mengganggu
gugat kemapaman banyak pihak. Di taman getsemani, yesus secara khusus
mempersiapkan penderitaan yang akan di tanggungNya. Sebagai manusia biasa,
yesus merasakan ketakutan yang luar biasa . kebiasaan yesus untuk berdoa telah
di ketahui oleh murudNya. Maka, yudas memanfaatkan kebiasaan yesus yang berdoa
di tempat2 yang sepi sebagai kesempatan untuk menyerahkannya kepada orang yang
membayarnya. Setelah yesus selesai berdoa, yudas datang ke taman itu bersama
orang banyak. Yesus di tangkap.
2.
Yesus
Diadili oleh Pengadilan Agama
Yesus di bawa ke rumah imam besar yaitu
kayafas. Ia pun melakukan pemeriksaan kepada yesus. Di tempat itu, yesus di
olok2 dan di pukuli oleh orang banyak. Mereka semua yang ada di situ sebenarnya
ingin menjebak yesus untuk menemukan kesalahan. Namun, mereka tetap belum
menemukan alas an yang kuat untuk menghukum yesus. Lalu, mereka menghadapkan
yesus ke Mahkamah Agung.
Yesus dengan tegas menyatakan bahwa dia
adalah anak allah. Mendengar jawaban itu, maka dengan segera mereka mengambil
keputusan untuk menghukum mati yesus.
Mereka pun bersepakat untuk membawa yesus ke hadapan Pilatus.
3.
Yesus
Diadili oleh Pengadilan Negeri
Tuntutan mereka harus di penuhi, yesus harus
di hokum mati. Tapi, Pilatus tidak menemukan kesalahan pada yesus. Namun, apa boleh buat ? yesus tetap di jatuhi
hukuman mati oleh Pilatus. Setelah di sesah,yesus di mahkotai duri,di ludai,di
cemooh,di olok2, di suruh memanggul salib menuju bukit tengkorak,dan di
salibkan bersama dengan 2 orang penjahat.
4.
Wafat
Yesus
ketika mereka sampai di bukit tengkorak,
mereka pun menyalibkan yesus di situ. Ketika itu,hari sudah kira2 jam 12 , lalu
kegelapan menyelimuti daerah itu sampai jam 3 sore. Sebab matahari tidak
bersinar,dan tirai bait Allah terbelah menjadi dua. Lalu yesus berseru dengan suara
nyaring “Ya Bapa kedalam tanganMu kuserahkan nyawaku” dan sesudak ia berkata
demikian, ia menyerahkan nyawanya.sesudah seluruh orang banyak melihat apa yang
terjadi, pulanglah mereka sambil memukul-mukul diri dan firasat alam yang
sangat dasyat. Firasat alam seperti : kegelapan yang meliputi seluruh
daerah,semua cahaya di pusatkan pada salib,.
MAKNA SENGSARA DAN WAFAT YESUS
1.
Wafat
Yesus adalah Konsekuensi dari Pewartaan-Nya tentang Kerajaan Allah
Tugas perutusan Yesus untuk mewartakan
Kerajaan Allah yang di laksanakan melalui sabda dan tindakan-tindakan-Nya akan
membawa diri-Nya pada penderitaan.
Pewartaan Yesus dalam sabda dan tindakan-Nya
sangatlah radikal. Para penguasa , tua-tua bangsa yahudi , uamam-imam kepala
dan ahli-ahli taurat sangat tersinggung dengan segala sepak terjang Yesus. Yesus
menyadari bahwa kesaksian yang paling kuat dan paling penting adalah
kesungguhan-Nya mewartakan Kerajaan Allah.
2.
Wafat
Yesus sebagai Tanda Ketaatan dan Kesetiaan-Nya pada Bapa
Yesus menerima semua yang terjadi atas
diri-Nya dengan rela, karena itulah yang di kehendaki oleh Allah dalam rencana
penyelamatan-Nya
Tugas untuk mewartakan kerajaan Allah menuntun
kesetiaan dengan taruhan nyawa. Oleh krna itu, peristiwa salib yang membawa
kematian Yesus bukanlah kegagalan . peristiwa salib justru merupakan tahap yang
menentukan dalam karya penyelamatan
Allah. Wafat Yesus menjadi peristiwa
penyelamatan yang membaharui hidup manusia , karena setelah wafat-Nya , Allah
tidak meninggalkan Dia . Yesus di bangkitkan dari kematian. Wafat Yesus
memeperlihatkan cinta kasih Allah kepada manusia.
3.
Wafat
Yesus adalah Tanda Solidaritas-Nya dengan manusia
Dalam peristiwa salib , kita dapat mengenal
penyertaan Allah dalam hidup manusia. Allah yang berbelas kasih tidak pernah
meninggalkan manusia . sekalipun manusia mengalami kesengsaraan dan
penderitaan, Allah tetap menjadi Allah beserta kita. Kesengsaraan dan wafat
yesus menjadi tanda agung kehadiran Allah karena member kesaksian tentang Allah
yang sebenarnya , yakni Allah yang mahakasih.
4.
Wafat
Yesus Menyelamatkan Manusia
Wafat yesus yang menegerikan bukanlah
kebetulan , tetapi merupakan bagian dari misteri penyelamatan Allah . Kitab
Suci sudah menubuat rencana penyelamatan Ilahi melalui kematian Yesus. Yesus
mati untuk kita . penyerahan diri Yesus kepada Allah telah mempersatukan kita
kembali dengan Allah. Rekonsiliasi antara kita dan Allah telah terjadi berkat
kematian Yesus di salib.
B. Kebangkitan dan Kenaikan Yesus ke Surga
KUBUR KOSONG
merupakan tanda yang membutuhkan keterangan lebih lanjut yang di wartakan oleh
makam kosong adalah kebangkitan Yesus sebagai misteri penyelamatan. Makam
kosong juga berarti jangan mencari Yesus yang hidup di antara orang mati. Makam
itu terbuka yang artinya duka cita dan kegelapan maut adalah ganti oleh suka
cita dan terang kebangkitan. Makam kosong juga berarti bahwa jenazah Yesus
tidak di ambil orang.
PENAMPAKAN-PENAMPAKAN YESUS
Tanda lain akan
kebangkitan Yesus adalah penampakan.
1.
Tiga Unsur Pokok dalam Penampakan Yesus
Tiga unsure yang
di sampaikan oleh injil tentang penampakan Yesus adalah sebagai berikut :
a.
Unsur
prakarsa
Yesus sendiri
yang memeperkasai penamapakan . Yesus “menampakkan diri” atau “memperlihatkan
diri”. Istilah itu menunjukkan 2 hal yaitu :
·
Pertama,
sesuatu yang biasanya tidak kelihatan ,kini kelihatan.
·
Kedua,
penglihatan para murid yang “melihat Tuhan” setelah kebangkitan-Nya bukanlah
penglihatan biasa
b.
Unsur Pengakuan
Yesus di kenal
dan di akui sebagai Yesus Kristus dan Tuhan. Dia yang menampakkan diri-Nya
tidak lain dan tidak bukan adalah Yesus dari Nazareth yang wafat di kayu salib.
Kini Dia hidup dalam kemuliaan .
c.
Unsur kesaksian
Salah satu hal
yang mencolok dalam cerita tentang penampakan ialah para murid mula-mula tidak
mengenal Yesus dan membutuhkan waktu pula untuk mengenal Yesus kembali. Unsur
yang cukup mencolok ini mempunyai dua arti, yakni :
·
Pertama
, membuktikan bahwa penglihatan mengenai yesus yang bangkit tidaklah di
ciptakan oleh daya khayal para murid sendiri, tetapi mendatangi mereka dari
luar
·
Kedua,
menunjukkan betapa Yesus di perbaharui oleh kebangkitan-Nya . ia tidak lagi
persis sama seperti sebelum wafat dan bangkit
2.
Makna Penampakan Yesus
Arti penampakan
Yesus selama 40 hari adalah :
·
Pertama,
Yesus memperkenalkan para murid dan seluruh Gereja-Nya dengan suatu cara
kehadiran yang baru.
·
Kedua,
dengan penampakan diri kepada para murid, Yesus menunjukkan bahwa ia selalu
hadir. Beberapa contoh bentuk-bentuk kehadiran Yesus yang permanen di sajikan
oleh cerita paskah. Sejak bangkit dari alam maut, Yesus hadir di tengah-tengah kita
·
Melalui
sabda-Nya , misalnya dalam cerita tentang dua murid berjalan ke emaus. Yang
pada waktu itu belum bisa mengenal Yesus , namun karna dengan Roh Kudus mereka
pun bisa mengenali Yesus
·
Melalui
Tanda, Yesus membuat para murid mengenalnya
·
Melalui Roh Kudus-Nya , Yesus hadir di tengah para
murid-Nya
·
Melalui
jabatan kegembalaan Petrus dan melalui kuasa apostolic untuk mengampuni dosa,
Tuhan yang telah bangkit itu tetap hadir di tengah-tengah umat-Nya
3.
Penampakan Yesus pada Orang Kecil
Yesus
tidak menampaka diri pada kaum elit di yerusalem. Tapi ia menampakan diri pada
kaum kecil yang mencintainya. Yesus tidak menampakan diri dalam situasi upacara
yang meriah. Tetapi dalam keseharian para muridNya , waktu mereka makan,
bepergian atau bekerja.
KEBANGKITAN YESUS
1.
Yesus
Sungguh Telah Bangkit
Dalam 1 kor
15:3-8 , paulus membuktikan bahwa Yesus sungguh telah bangkit. Paulus menyebut
kesaksiantentang kebangkitan Yesus , karena mereka telah melihat Yesus sesudah
kebangkitan-Nya.
2.
Makna
kebangkitan Yesus bagi Iman Kita
·
Kebangkitan Yesus mengesahkan dan
melegetimasi apa yang telah di lakukan atau di ajarkan-Nya.
·
Dalam kebangkitan Yesus ,
terpenuhilah janji-janji perjanjian lama dan janji Yesus sendiri selama
hidup-Nya.
·
Kebangkitan Yesus menegaskan
ke-Allah-an Yesus. Kebangkitan Yesus menerangkan bahwa Ia sungguh-sungguh Putra
Allah menjadi manusia.
·
Rahasia paskah mempunyai dua sisi
yaitu : dengan kematian-Nya , Yesus membebaskan kita dari dosa. Dan dengan
kebangkitan Yesus pula, Yesus membuka pintu masuk menuju kehidupan baru.
·
Akhirnya kebangkitan Yesus adalah
dasar utama kebangkitan kiya yang akan datang.
3.
Makna
Kenaikan Yesus ke Surga
Mengenai Makna kenaikan Yesus ke surge itu
sendiri dapat di katakn sebagai berikut :
·
Kenaikan Yesus ke surga
menggambarkan langkah masuk yang defenitif dari kodrat manusiawi Yesus ke dalam
kemuliaan Allah di surge.
·
Yesus Kristus , Kepala Gereja ,
mendahului kita masuk ke dalam kerajaan kemuliaan Bapa, supaya kita semua
sebagai anggota-anggota tubih-Nya dapat hidup dalam harapan , sekaligus juga
akan hidup bersama Dia untuk selamanya.
·
Kerna Yesus sudah masuk ke dalam
tempat kudus di surga untuk selamanya , maka Ia tanpa henti-hentinya bertindak
sebagai pengantara yang senantiasa mencurahkan Roh Kudus ke atas kita.
BAB VI
YESUS,SAHABAT,TOKOH IDOLA,PUTRA
ALLAH DAN JURUSELAMAT
A. Yesus Kristus Sebagai Sahabat Sejati , Tokoh Idola
1.
Yesus Saya Hayati sebagai Sahabat yang Sejati
Yesus saya
andalkan sebagai sahabat yang sejati , karena sikapnya terhadap para rasul
sungguh-sungguh di hayati-Nya sebagai sahabat.
a.
Untuk
memupuk persahabatan-Nya dengan para rasul , Yesus menuntut kepercayaan dari mereka. Yesus sungguh sangat mempercayai
sahabat-sahabat-Nya
b.
Yesus
sangat menghormati kawan-kawa-Nya ,
walaupun mereka datang dari masyarakat kalangan bawah. Yesus menerima mereka
apa ada nya .
c.
Yesus
menuntut cinta dari sahabat-sahabat-Nya . yesus juga mencintai mereka tanpa
batas.
2.
Yesus adalah Idola Sejati bagi Kaum Remaja
Ciri-ciri kepribadian
Yesus antara lain adalah sebagai berikut :
a.
Yesus dekat dengan sesame
Pengajaran Yesus
sungguh prakris dan manusiawi. Berulang-ulang Ia berbicara tentang kebersamaan
dan kasih saying. Yesus berbicara dalam bahasa yang mudah di mengerti.
Singkatnya, seluruh cara dan sikap hidup Yesus , sampai dengan isi dan tutur
kata-Nya menunjukkan bahwa ia sangat “dekat” dengan sesame-Nya , khususnya
rakyat biasa yang sederhana.
b.
Yesus sangat “terbuka” terhadap siapa saja yang
datang kepada-Nya
Yesus bergaul
dengan siapa saja, termasuk dengan para pendosa dan kaum wanita
Pertama :sikap
Yesus kepada kaum pendosa
Bagi orang
yahudi dosa itu menular seperti kuman. Karna bayangan seorang berdosa, tinggal
serumah dengan orang jahat, apalagi makan bersama, mereka berarti kena dosa itu
sendiri , menjadi orang berdosa. Yesus justru bergaul dengan pegawai pajak yang
di anggap umum sebagai koruptor dan pemeras. Yesus bertemu dan menyapa
orang-orang setengah kafir seperti bangsa Samaria dan mendatangi negri-negri
orang kafir dan berbicara akrab dengan mereka.
Kedua : Yesus
bergaul dengan Wanita
Anggapan
masyarakat Yahudi , wanita itu penggoda.
Yesus justru bergaul dengan wanita. Yesus menyapa dan bergaul dengan
wanita-wanita kafir yang belum di kenal-Nya seperti wanita Samaria itu. Yesus
bukan saja bergaul dengan sembarang wanita, tetapi juga berusaha untuk membela
wanita-wanita sundal , juga wanita yang tertangkap basah sedang berbuat dosa.
(Yoh 8:1-11)
c.
Yesus
berani membela kebenaran dan keadilan secara konsekuen
Yesus berani mengatakan
dengan terus terang kepada ahli-ahli taurat , orang-orang farisi dan
orang-orang munafik. Ia berani membela rakyat kecil dengan mengkritik dan
menyerang setiap penindasan dan ketidakadilan walaupun penuh risiko bagi
hidup-nya .
d.
Yesus adalah orang yang sungguh “beriman”
Yesus sungguh
menghayati Allah yang dekat itu dan yang memanggil-Nya untuk melakukan
kehendak-Nya pada setiap situasi konkret. Beriman kepada Allah berarti
menyadari kehadiran-Nya di dalam kehidupan kita sehari-hari , mendengarkan panggilan-Nya
dalam setiap situasi konkret dan berusaha menjawab panggilan-Nya
sebaik-baiknya.
Iman selalu
merupakan tantangan. Iman menjadi cemerlang justru dalam tantangan. Sebagai
seorang beriman , Yesus dapat mengatasi semua tantangan.
Yesus
sungguh-sungguh idola bagi kita kaum remaja , terutama pada zaman yang penuh
tantangan ini.
B. Yesus Putra Allah dan Juru Selamat
GELAR-GELAR YESUS
1.
Yesus itu “Tuhan”
Yesus Tuhan
berarti Yesus yang memiliki kuasa untuk mengatur atau memimpin.
·
Gelar
“Tuhan” menunjukkan kedudukan dan peranan Yesus sebagai tokoh yang di
·
Gelar “Tuhan” di kaitkan dengan peranan Yesus
sebagai peyelamatan manusia.
·
Gelar
“Tuhan” erat sekali hubungannya dengan kemuliaan yang akan datang kembali
dengan kemuliaan-Nya.
·
Gelar
“Tuhan” adalah gelar yang sarat dengan wibawa atau kekuasaan Yesus. Anak manusia adalah Tuhan atas hari sabat.
·
Gelar
“Tuhan” teristimewa adalah seruan doa
tobat ibadat .
·
Seruan
“Tuhan Yesus” adalah seruan Iman.
2.
Yesus adalah “Anak Allah”
Makna dari gelar
Yesus sebagai Allah menurut kitab suci adalah sebagai berikut :
·
Gelar
“Anak Allah” menunjukkan hubungan khas
antara Yesus dan Allah .
·
Gelar
“Anak Allah” juga menunjukkan bahwa antara Yesus dan Bapa berbeda.
·
Gelar
“Anak Allah” menunjukkan hubungan antara Bapa dan Anak adalah hubungan istimewa dalam segi “ketaatan”
·
Gelar
“Anak Allah” juga menunjukkan pengetahuan-Nya
yang istimewa tentang Allah.
·
Gelar
“Anak Allah” juga memperlihatkan “kewibawaan
Yesus”
3.
Yesus adalah Juruselamat
·
Yesus
datang untuk menyelamatkan manusia dari dosa
·
Keselamatan
yang di bawa Yesus erat hubungannya dengan karunia Allah
·
Keselamatan
Kristen di hubungkan dengan hidup dan perjuangan Yesus Kristus
·
Keselamatan
itu berkembang dalam pewartaan
·
Keselamatan
dalam geraja terlaksana secara sacramental.
·
Yesus
sebagai juruselamat datang untuk menolong manusia karna manusia tidak dapat
menolong dirinya sendiri di hadirat Allah.
MAKNA
GELAR-GELAR YESUS BAGI KITA
1.
Umat Kristiani Mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan
Jika
kita mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan , maka itu berarti :
·
Kita
menjadikan Yesus sebagai pimpinan atau junjungan yang mengarahkan hidup kita
·
Kita
menjadikan kata-kata Yesus sebagai kata terakhir sebab kata-kata-Nya adalah
sabda Tuhan
·
Pengakuan
terhadap Yesus merupakan pengakuan Iman yang merupakan semboyan perjuangan
sampai tuntas.
2.
Umat Kristiani mengakui bahwa Yesus adalah Anak
Allah
Jika
kita mengakui Yesus sebagai Anak Allah , maka itu berarti :
·
Yesus
merupakan teladan bagi kita
·
Yesus
adalah pribadi yang menampilkan wibawa dan pesona ilahi
·
Yesus
dekat dengan Allah yang tersuci dan pantas di hormati
3.
Umat Kristiani mengakui bahwa Yesus adalah Juru
Selamat
jika
kita mengakui Yesus sebagai Juru Selamat, maka itu artinya ;
·
Kita
bersedia mengikuti-Nya dan bersedia di baptis sebagai tanda imanakan tawaran
keselamatan dari Yesus.
·
Yesus
sebagai penolong untuk sampai kepada Allah , karna kita tidak dapat menolong
diri kita sendiri di hadirat Allah.
·
Yesus
telah membebaskan kita dari dosa dan maut ; percaya bahwa kita adalah
orang-orang yang telah di selamatkan.
BAB VII
ROH KUDUS DAN ALLAH TRITUNGGAL
A. Roh Kudus
TANDA ATAU LAMBANG ROH KUDUS
Tanda-tanda dan
lambing-lambang yang sering di gunakan untuk Allah Roh Kudus antara lain
sebagai berikut :
1.
Air : Air adalah lambing tindakan Roh Kudus
2.
Urapan : urapan dengan minyak suci dakam inisiasi Kristen melambangkan Roh
Kudus
3.
Api : api melambangkan daya transformasi Roh Kudus
4.
Awan dan sinar : melambangakan kehadiran penampakan Roh Kudus
5.
Meterai : meterai adalah lambing yang erat kaitannya dengan pengurapan.
6.
Tangan : yesus menyembuhkan orang sakit dan memberkati anak-anak kecil dengan
meletakkan tangan ke atas mereka.
7.
Jari : dengan jari Allah dapat mengusir setan
8.
Merpati : lambang pembabtisan
KARYA DAN KARUNIA ROH KUDUS
1.
Karya Roh Kudus
a.
Pada peristiwa pentekosta , Roh Kudus Membawa
Bahasa Saling Pengertian
ketika para
rasul tampil dan berkothbah , ternyata bahasa mereka di mengerti oleh semua
orang yang hadir pada waktu itu. Dan pada hari itu juga , ribuan orang di
baptis dan masuk dalam persekutuan para rasul . itu semua adalah karya roh
kudus yang mempersatukan manusia.
b.
Pada peristiwa pentekosta , Roh Kudus Membawa
Persatuan dan Persekutuan
Suasana saling
mengerti menciptakan keterbukaan untuk saling menerima, untuk bersatu, dan
bersekutu.
c.
Roh Kudus Memberanikan
Para
rasul yang sebelumnya takut dan bersembunyi , pada hari raya pentekosta mereka
berani keluar rumah dan berkotbah member kesaksian tentang Yesus Kristus.
d.
Roh Kudus Membawa Pembaharuan
Kehadiran Roh
Kudus mengubah kita menjadi Anak Allah. Roh Kudus adalah sunber rahmat .
2.
Karunia Roh Kudus
Ketujuh karunia Roh
Kudus itu adalah sebagai berikut :
1.
Roh Kebijaksanaan
Roh
kebijaksanaan membantu kita untuk mengenal perkara-perkara Allah dan meniali
segala sesuatu menurut “kaca mata” Allah.
2.
Roh Pengertian
Roh pengertian
memampukan akal budi kita untuk mengenal keagungan Tuhan, memahami kebenaran
Allah dan melaksanakannya dalam hidup sehari-hari.
3.
Roh Nasehat
Roh nasehat
membantu kita untuk dapat menilai dan mengambil keputusan secara tepat dan
memilih jalan yang paling aman dan berkenan pada Allah.
4.
Roh keperkasaan
Roh keperkasaan
menguatkan kehendak kita agar tekun dalam iman , berani menanggung resiko
sebagai orang Kristen , dan memikul salib kita.
5.
Roh Pengenalan
Roh pengenalan
membantu kita untuk mengenak Tuhan dan diri sendiri .
6.
Roh kesalehan
Roh kesalehan
akan menyembuhkan hati kita yang keras agar semakin terbuka untuk mencintai
Allah dan sesama.
7.
Roh Takut akan Tuhan
Mengajarkan kita
untuk menghormati Allah dengan penuh Cinta.
B. Tritunggal Mahakudus
ALLAH TRITUNGGAL
1.
Beberapa Istilah (terminology) yang menyangkut
Tritunggal
Kita percaya
satu Allah tiga diri :
a.
Arti Allah kita SATU ( TUNGGAL)
“SATU ALLAH”
menunjukkan kepada kesempurnaan Allah , keutuhan Allah , dan kepenuhan Allah.
b.
Arti TIGA PRIBADI dalam SATU ALLAH
Allah adalah
satu pribadi dan tiga diri , artinya Allah adalah Dia yang berelasi, menyapa,
merangkul, menghadirkan diri, dan mengkomunikasikan diri .
2.
Doa-doa Ibadat yang Mengungkapkan Iman kepada
Tritunggal Mahakudus
a.
Tanda Salib : “Demi Nama Bapa dan Putra dan Roh
Kudus “
Apa artinya
tanda salib ?
·
Sebagai
peringatan akan Yesus yang mati di salib sebagai juru selamat manusia
·
Sebagai
tanda karya penyelamatan
·
Menandai
dirinya denga salib sambil menyerukan nama bapa.
b.
Doa “Kemuliaan” (Gloria)
Apa isi doa
kemiuliaan :
·
Jika
kita mendoakan kemuliaan kita ingat
semua yang dilakukan Allah bagi kita.
·
Jika
kita mendoakan kemuliaan kita mengingat Putra Allah yang setara dengan Bapa ,
yang menghapus dosa dunia yang menebus kita
·
Dalam
doa kemuliaan , kita memuliakan Allah
c.
Syahadat (credo)
Apa yang di
ungkapakan dalam syahadat ?
·
Syahadat
sesungguhnya merupakan pengakuan Iman akan Allah Tritunggal
·
Syahadat
merupakan ringkasan seluruh sejarah suci
d.
Doxology
Apa arti dan isi
dari Doxologi ?
·
Doxology
artinya doa pujian. Cirri khas doxology dalam liturgy ekaristi adalah
susunannya triniter
·
Pada
akhir doa syukur Agung doa doxology akan
di doakan
e.
Pembaptisan
Penbaptisan
orang kristiani memakai rumusan trinitas.
Komentar
Posting Komentar