BAB IV
YESUS MEWARTAKAN DAN MEMPERJUANGKAN
 KERAJAAN ALLAH
A.  Gambaran kerajaan Allah pada zaman yesus
Yesus mewartakan kerajaan Allah di tengah-tengah banyak orang pada saat itu sudah banyak yang menganut system kepercayaan yang tidak bisa di hilangkan atau di musnahakan dengan begitu saja. Namun, dengan dorongan roh kudus dan dorongan dari Allah , Yesus terus berjuang agar misi-Nya untuk mewartakan kerajaan Allah dapat sampai ke seluruh dunia. Dan buktinya samapai sekarang banyak umat yang mengikuti Yesus .
Yesus mempunyai kaitan yang sangat erat dengan kerajaan Allah. Yakni Yesus adalah mesias anak Allah yang di utus ke dunia untuk mewartakan kerajaan Allah keseluruh dunia .
Kerajaan Allah hendaknya kita sambut dengan tindakan-tindakan yang baik. Seperti : rajin berdoa, merenungkan kitab suci, dll.
Ada pun paham-paham tentang kerajaan Allah :
a.     Paham kerajaan Allah yang berciri nasionalistis
Paham ini di hayati oleh kaum zelot. Kegiatan ini bertujuan membebaskan bangsa Israel dari kuasa politik penjajah kafir. Merekan berharap dengan kebangkitan nasionalisme, bangsa Israel dapat tercapai dan kerajaan Allah tercipta.
b.     Kerajaan Allah menurut pandangan para apokaliptis
Menurut aliran ini , kerajaan Allah adalah sebuah kenyataan pada akhir zaman.
c.      Kerajaan Allah menurut pandangan para nabi
Kekuasaan Allah sebagai Raja semesta alam dengan menghakimi dan menyatakan kepada sekalian bangsa.

B.     Yesus mewartakan kerajaan Allah
                              PEWARTAAN  YESUS TENTANG KERAJAAN ALLAH
Dalam mewartakan kerajaan Allah , yesus kerap kali menggunakan perumpamaan. Dengan perumpamaan itu, para pendengar lebih mudah menangkap pesan yang ingin di sampaikan pleh Yesus. Perumpamaan-perumpamaan Yesus ingin menyampaikan hal-hal berikut :
1.     Kerajaan Allah Sudah Dekat
Yesus mewartakan kerajaan Allah sudah dekat,  bahkan sudah datang terutama dalam diri Yesus. (lih. Mrk 13:23-24)
Penghakiman Allah akan datang dengan cara tiba-tiba dan tidak di sangka-sangka.                    (lih. Mrk 24:50)
2.     Kerajaan Allah berarti Allah Mulai Memerintah
Allah yang memerintah di lukiskan oleh Yesus sebagai Bapa. Allah itu sungguh-sungguh Bapa yang baik hati dan suka mengampuni.
3.     Kerajaan Allah Menuntut Sikap Pasrah (Iman) Manusia Kepada Allah
Allah meraja dengan kasih. Oleh sebab itu, manusia di tuntut sikap pasrah dan sikap iman kepada Allah. Allah menjadi harapan,sandaran, dan andalan bagi manusia. Manusia tidak boleh mengandalkan hal-hal lain , seperti harta,kekuasaan, bahkan dirinya sendiri.
4.     Kerajaan Allah itu Suatu Karunia
Kerajaan Allah adalah karunia dari Allah, bukan hanya jasa manusia. Dengan kata lain, pemerintahan Allah tidak di tegakkan atau di wujudkan hanya oleh daya upaya manusia.

PERBUATAN-PERBUATAN YESUS DALAM RANGKA MEMPERJUANGKAN KERAJAAN ALLAH
Yesus memaklumkan dan memeprjuangkan kerajaan Allah dengan perkataan dan perbuatan.makan dalam kesempatan ini akan di jelaskan mengenai perjuangan yesus melalui perbuatan.

1.     Yesus mengadakan mukjizat-mukjizat
Yesus mewartakan kerajaan Allah tidak hanya dengan sabda Nya., tetapi juga dengan mukjizat Nya. Mukjizat hanya sebagai tanda bagi orang yang percaya, yaitu tanda kemurahan hati Tuhan. Sedangkan bagi yang tidak percaya adalah suatu pertanyaan. Mukjizat-mukjizat itu mau menunjukkan :
a.      Yesus menghubungkan mukjizat-mukjizat Nya dengan penberitahuan tentang Kerajaan Allah. Di luar itu, Yesus tidak pernah membuat mukjizat. Itulah sebabnya , Yesus menolak membuat tanda/mukjizat di hadapan pejabat atau orang banyak
b.     Dasar dan motif mengadakan mukjizat adalah pemberitahuan tentang kerajaan Allah. Pemberitaan tentang kerajaan Allah hanya di tujukan kepada orang yang tertindas. mukjizat-mukjizat itu menyatakan bahwa kerajaan Allah yang di wartakan yesus dan yang membebaskan orang dari kuasa jahat, benar-benar bagi mereka
c.      Mukjizat Yesus mempunyai arti mesianis. Artinya, mukjizat Yesus mau menunjukkan bahwa Yesus adalah mesias yang di nanti-nanti kan 
d.     Mukjizat Yesus menyatakan solidaritas Allah dengan manusia yang miskin dan menderita serta kerasukan roh jahat. Allah menyatakan diri sebagai kawan dengan orang yang sakit dan kerasukan setan. Dengan demikian, mukjizat yesus juga menjadi tanda bahwa Yesus datang untuk menampakkan kebaikan hati Allah , supaya yang menderita tidak menderita, dll

2.     Yesus bergaul dengan semua orang tanda cinta-Nya yang universal
Yesus dekat dengan semua orang , maka ia juga sangat terbuka terhadap semua orang . ia tidak mengotak-kotakkan di antara semua manusia. Yesus pun akrab dengan para pegawai pajak yang korup, dengan wanita susila,dan para penderita yang di kucilkan.
3.     Yesus membebaskan orang-orang dari beban legalisme
Yesus memaklumkan bahwa Allah adalah pembebas. Allah ingin memungkinkan manusia mengembangkan diri secara lebih utuh dan penuh. Segala hokum dan peraturan , dan perintah harus di abdikan kepada tujuan memerdekakan manusia. Sikap yesus terhadap hukum taurat dapat diringkas dengan mengatakan bahwa Yesus selalu memandang hukum taurat dalam terang kasih.

4.     Yesus memanggil pengikut-pengikut-Nya
Untuk mewartakan Kerajaan Allah , Yesus memanggil dan mengutus murid-murid-Nya. Mereka di tuntut memiliki keterlibatan yang radikal. Orang-orang yang di panggil yesus harus :
a.      Segera meninggalkan segala-galanya
b.     Belajar dan hidup dekat dengan yesus
c.      Siap di utus
d.     Siap menderita
Dalam mewartakan kerajaan Allah, yesus tentu menggunakan beberapa sarana lain. Seperti perumpamaan. Yang di pakai dalam setiap perumpamaan yesus adalah manusia, hewan,benda,tumbuhan, yang sengaja Yesus sampaikan secara sederhana agar mudah di pahami.
Manusia seperti , orang-orang yang sudah meninggal,orang-orang berdosa, raja, penjahat, rakyat jelata dsb
Hewan seperti domba, dsb
Benda seperti uang,koin,mutiara,dsb
Tumbuhan seperti padi,gandum dan pohon ara










                                                  BAB V
      SENGSARA , WAFAT , KEBANGKITAN DAN KENAIKAN YESUS
A.  Sengsara dan Wafat yesus
untuk memahami peristiwa Yesus di hukum mati dan menjalani hukuman mati, ada baiknya kita mengamati dua hal beriktu :
1.     Konteks Sosial Menjelang Penangkapan , Penangkapan, Penyaliban Yesus
a.     Konteks perayaan paskah
Perayaan paskah merupakan pesta bangsa Israel untuk memeperingati peristiwa pembebasan bangsa Israel dari mesir. Bangsa Israel menghayati pembebasan dari mesir sebagai keterlibatan Allah dalam hidup mereka. Pada perayaan paskah itu, seluruh rakyat terlibat dengan berziarah ke yerusalem .
b.     Pemberontakan terhadap pemerintah Roma
Bisanya dalam perayaan paskah, tentara roma selalu siap siaga untuk mengahadapi kemungkinan yang tidak di inginkan , misalnya kekacauan. Pewartaan Yesus tentang Kerajaan Allah  dan pernyataan diri-Nya sebagai Mesias dapat menumbuhkan harapan bangsa yahudi akan datangnya Mesias. Harapan ini akan mendorong mereka untuk memberontak. Dengan demikian, tindakan Yesus dapat menumbuhkembangkan pemberontakan politis seperti yang telah di lakukan oleh orang-orang zelot .
c.      Munculnya Mesias-Mesias Palsu
Munculnya mesias-mesias itu selalu di waspadai oleh pemerintah Roma. Sebab biasanya setelah seorang mesias mulai muncul, maka akan di susul oleh pemberontakan.

2.     Mereka  yang berperan dalam peristiwa pengadilan dan penyaliban yesus

a.     Para petinggi agama
Warta dan tindakan Yesus memang baru , merombak agama Yahudi. Hal ini jelas tidak di sukai oleh para pemuka agama. Para pemuka itu beranggapan bahwa hanya agama yang menjamin kelangsungan bangsa.
Mereka menudh Yesus dengan alasan sebagai berikut :
·        Yesus bergaul dengan sampah masyarakat
·        Yesus di anggap melanggar hukum taurat
·        Yesus di anggap melanggar adat saleh
·        Yesus di anggap melanggar sabat
·        Yesus di anggap mencampuri urusan para pemuka agama

b.     Para petinggi pemerintahan
Pewartaan Yesus tentang kerajaan Allah dan pernyataan diri-Nya sebagai mesias  dapat menumbuh kan harapan bangsa Israel  akan datangnya Mesias. Harapan ini akan mendorong mereka untuk memberontak. Dengan demikian , tindakan Yesus di anggap dapat menumbuhkan pemberontakan politis seperti yang di lakukan oleh orang-orang zelot.
c.      Vonis Hukuman Mati untuk Yesus
Hukuman mati di salib itu lebih dari pada mencabut nyawa. Mati di kayu salib berarti: di buang oleh bangsanya dan di kutuk oleh Allah. Mayat seorang terhukum harus lekas-lekas di kuburkan, karena di anggap mengotori dan menajiskan tanah yang di berikan Allah.

                                    KISAH SENGSARA DAN WAFAT YESUS
Kisah sengsara dan wafat yesus yang di sampaikan oleh Lukas dalam Injilnya sangat khas .  kesengsaraan Yesus di smapaikan Lukas berpangkal dari hasil pengalaman kehidupannya sebagai murid Yesus. Lukas adalah salah seorang murid Yesus yang menyampaikan hasil perenungan perjalanan terakhir hidup Yesus.
1.     Penangkapan Yesus di Taman Getsemani
ysesu mengetahui ia akan mengalami kesengsaraan sebagai konsekuensi dari pewartaan-Nya yang di anggap mengganggu gugat kemapaman banyak pihak. Di taman getsemani, yesus secara khusus mempersiapkan penderitaan yang akan di tanggungNya. Sebagai manusia biasa, yesus merasakan ketakutan yang luar biasa . kebiasaan yesus untuk berdoa telah di ketahui oleh murudNya. Maka, yudas memanfaatkan kebiasaan yesus yang berdoa di tempat2 yang sepi sebagai kesempatan untuk menyerahkannya kepada orang yang membayarnya. Setelah yesus selesai berdoa, yudas datang ke taman itu bersama orang banyak. Yesus di tangkap.
2.     Yesus Diadili oleh Pengadilan Agama
Yesus di bawa ke rumah imam besar yaitu kayafas. Ia pun melakukan pemeriksaan kepada yesus. Di tempat itu, yesus di olok2 dan di pukuli oleh orang banyak. Mereka semua yang ada di situ sebenarnya ingin menjebak yesus untuk menemukan kesalahan. Namun, mereka tetap belum menemukan alas an yang kuat untuk menghukum yesus. Lalu, mereka menghadapkan yesus ke Mahkamah Agung.
Yesus dengan tegas menyatakan bahwa dia adalah anak allah. Mendengar jawaban itu, maka dengan segera mereka mengambil keputusan untuk menghukum mati yesus.  Mereka pun bersepakat untuk membawa yesus ke hadapan Pilatus.
3.     Yesus Diadili oleh Pengadilan Negeri
Tuntutan mereka harus di penuhi, yesus harus di hokum mati. Tapi, Pilatus tidak menemukan kesalahan pada yesus.  Namun, apa boleh buat ? yesus tetap di jatuhi hukuman mati oleh Pilatus. Setelah di sesah,yesus di mahkotai duri,di ludai,di cemooh,di olok2, di suruh memanggul salib menuju bukit tengkorak,dan di salibkan bersama dengan 2 orang penjahat.
4.     Wafat Yesus
ketika mereka sampai di bukit tengkorak, mereka pun menyalibkan yesus di situ. Ketika itu,hari sudah kira2 jam 12 , lalu kegelapan menyelimuti daerah itu sampai jam 3 sore. Sebab matahari tidak bersinar,dan tirai bait Allah terbelah menjadi dua. Lalu yesus berseru dengan suara nyaring “Ya Bapa kedalam tanganMu kuserahkan nyawaku” dan sesudak ia berkata demikian, ia menyerahkan nyawanya.sesudah seluruh orang banyak melihat apa yang terjadi, pulanglah mereka sambil memukul-mukul diri dan firasat alam yang sangat dasyat. Firasat alam seperti : kegelapan yang meliputi seluruh daerah,semua cahaya di pusatkan pada salib,.

                                   


                                           MAKNA SENGSARA DAN WAFAT YESUS
1.     Wafat Yesus adalah Konsekuensi dari Pewartaan-Nya tentang Kerajaan Allah
Tugas perutusan Yesus untuk mewartakan Kerajaan Allah yang di laksanakan melalui sabda dan tindakan-tindakan-Nya akan membawa diri-Nya pada penderitaan.
Pewartaan Yesus dalam sabda dan tindakan-Nya sangatlah radikal. Para penguasa , tua-tua bangsa yahudi , uamam-imam kepala dan ahli-ahli taurat sangat tersinggung dengan segala sepak terjang Yesus. Yesus menyadari bahwa kesaksian yang paling kuat dan paling penting adalah kesungguhan-Nya mewartakan Kerajaan Allah.
2.     Wafat Yesus sebagai Tanda Ketaatan dan Kesetiaan-Nya pada Bapa
Yesus menerima semua yang terjadi atas diri-Nya dengan rela, karena itulah yang di kehendaki oleh Allah dalam rencana penyelamatan-Nya
Tugas untuk mewartakan kerajaan Allah menuntun kesetiaan dengan taruhan nyawa. Oleh krna itu, peristiwa salib yang membawa kematian Yesus bukanlah kegagalan . peristiwa salib justru merupakan tahap yang menentukan dalam karya  penyelamatan Allah. Wafat  Yesus menjadi peristiwa penyelamatan yang membaharui hidup manusia , karena setelah wafat-Nya , Allah tidak meninggalkan Dia . Yesus di bangkitkan dari kematian. Wafat Yesus memeperlihatkan cinta kasih Allah kepada manusia.
3.     Wafat Yesus adalah Tanda Solidaritas-Nya dengan manusia
Dalam peristiwa salib , kita dapat mengenal penyertaan Allah dalam hidup manusia. Allah yang berbelas kasih tidak pernah meninggalkan manusia . sekalipun manusia mengalami kesengsaraan dan penderitaan, Allah tetap menjadi Allah beserta kita. Kesengsaraan dan wafat yesus menjadi tanda agung kehadiran Allah karena member kesaksian tentang Allah yang sebenarnya , yakni Allah yang mahakasih.
4.     Wafat Yesus Menyelamatkan Manusia
Wafat yesus yang menegerikan bukanlah kebetulan , tetapi merupakan bagian dari misteri penyelamatan Allah . Kitab Suci sudah menubuat rencana penyelamatan Ilahi melalui kematian Yesus. Yesus mati untuk kita . penyerahan diri Yesus kepada Allah telah mempersatukan kita kembali dengan Allah. Rekonsiliasi antara kita dan Allah telah terjadi berkat kematian Yesus di salib.

B.   Kebangkitan dan Kenaikan Yesus ke Surga
KUBUR KOSONG merupakan tanda yang membutuhkan keterangan lebih lanjut yang di wartakan oleh makam kosong adalah kebangkitan Yesus sebagai misteri penyelamatan. Makam kosong juga berarti jangan mencari Yesus yang hidup di antara orang mati. Makam itu terbuka yang artinya duka cita dan kegelapan maut adalah ganti oleh suka cita dan terang kebangkitan. Makam kosong juga berarti bahwa jenazah Yesus tidak di ambil orang.

                                       PENAMPAKAN-PENAMPAKAN YESUS
Tanda lain akan kebangkitan Yesus adalah penampakan.
1.     Tiga Unsur Pokok dalam Penampakan Yesus
Tiga unsure yang di sampaikan oleh injil tentang penampakan Yesus adalah sebagai berikut :
a.     Unsur  prakarsa
Yesus sendiri yang memeperkasai penamapakan . Yesus “menampakkan diri” atau “memperlihatkan diri”. Istilah itu menunjukkan 2 hal yaitu :
·        Pertama, sesuatu yang biasanya tidak kelihatan ,kini kelihatan.
·        Kedua, penglihatan para murid yang “melihat Tuhan” setelah kebangkitan-Nya bukanlah penglihatan biasa

b.     Unsur Pengakuan
Yesus di kenal dan di akui sebagai Yesus Kristus dan Tuhan. Dia yang menampakkan diri-Nya tidak lain dan tidak bukan adalah Yesus dari Nazareth yang wafat di kayu salib. Kini Dia hidup dalam kemuliaan .
c.      Unsur kesaksian
Salah satu hal yang mencolok dalam cerita tentang penampakan ialah para murid mula-mula tidak mengenal Yesus dan membutuhkan waktu pula untuk mengenal Yesus kembali. Unsur yang cukup mencolok ini mempunyai dua arti, yakni :
·        Pertama , membuktikan bahwa penglihatan mengenai yesus yang bangkit tidaklah di ciptakan oleh daya khayal para murid sendiri, tetapi mendatangi mereka dari luar
·        Kedua, menunjukkan betapa Yesus di perbaharui oleh kebangkitan-Nya . ia tidak lagi persis sama seperti sebelum wafat dan bangkit

2.     Makna Penampakan Yesus
Arti penampakan Yesus selama 40 hari adalah :
·        Pertama, Yesus memperkenalkan para murid dan seluruh Gereja-Nya dengan suatu cara kehadiran yang baru.
·        Kedua, dengan penampakan diri kepada para murid, Yesus menunjukkan bahwa ia selalu hadir. Beberapa contoh bentuk-bentuk kehadiran Yesus yang permanen di sajikan oleh cerita paskah. Sejak bangkit dari alam maut,  Yesus hadir di tengah-tengah kita
·        Melalui sabda-Nya , misalnya dalam cerita tentang dua murid berjalan ke emaus. Yang pada waktu itu belum bisa mengenal Yesus , namun karna dengan Roh Kudus mereka pun bisa mengenali Yesus
·        Melalui Tanda, Yesus membuat para murid mengenalnya
·        Melalui  Roh Kudus-Nya , Yesus hadir di tengah para murid-Nya
·        Melalui jabatan kegembalaan Petrus dan melalui kuasa apostolic untuk mengampuni dosa, Tuhan yang telah bangkit itu tetap hadir di tengah-tengah umat-Nya

3.     Penampakan Yesus pada Orang Kecil
Yesus tidak menampaka diri pada kaum elit di yerusalem. Tapi ia menampakan diri pada kaum kecil yang mencintainya. Yesus tidak menampakan diri dalam situasi upacara yang meriah. Tetapi dalam keseharian para muridNya , waktu mereka makan, bepergian atau bekerja.





                                        KEBANGKITAN YESUS

1.     Yesus Sungguh Telah Bangkit
Dalam 1 kor 15:3-8 , paulus membuktikan bahwa Yesus sungguh telah bangkit. Paulus menyebut kesaksiantentang kebangkitan Yesus , karena mereka telah melihat Yesus sesudah kebangkitan-Nya.
2.     Makna kebangkitan Yesus bagi Iman Kita
·        Kebangkitan Yesus mengesahkan dan melegetimasi apa yang telah di lakukan atau di ajarkan-Nya.
·        Dalam kebangkitan Yesus , terpenuhilah janji-janji perjanjian lama dan janji Yesus sendiri selama hidup-Nya.
·        Kebangkitan Yesus menegaskan ke-Allah-an Yesus. Kebangkitan Yesus menerangkan bahwa Ia sungguh-sungguh Putra Allah menjadi manusia.
·        Rahasia paskah mempunyai dua sisi yaitu : dengan kematian-Nya , Yesus membebaskan kita dari dosa. Dan dengan kebangkitan Yesus pula, Yesus membuka pintu masuk menuju kehidupan baru.
·        Akhirnya kebangkitan Yesus adalah dasar utama kebangkitan kiya yang akan datang.

3.     Makna Kenaikan Yesus ke Surga
Mengenai Makna kenaikan Yesus ke surge itu sendiri dapat di katakn sebagai berikut :
·        Kenaikan Yesus ke surga menggambarkan langkah masuk yang defenitif dari kodrat manusiawi Yesus ke dalam kemuliaan Allah di surge.
·        Yesus Kristus , Kepala Gereja , mendahului kita masuk ke dalam kerajaan kemuliaan Bapa, supaya kita semua sebagai anggota-anggota tubih-Nya dapat hidup dalam harapan , sekaligus juga akan hidup bersama Dia untuk selamanya.
·        Kerna Yesus sudah masuk ke dalam tempat kudus di surga untuk selamanya , maka Ia tanpa henti-hentinya bertindak sebagai pengantara yang senantiasa mencurahkan Roh Kudus ke atas kita.



                                              BAB VI
YESUS,SAHABAT,TOKOH IDOLA,PUTRA ALLAH DAN JURUSELAMAT
A.  Yesus Kristus Sebagai Sahabat Sejati , Tokoh Idola
1.     Yesus Saya Hayati sebagai Sahabat yang Sejati
Yesus saya andalkan sebagai sahabat yang sejati , karena sikapnya terhadap para rasul sungguh-sungguh di hayati-Nya sebagai sahabat.
a.      Untuk memupuk persahabatan-Nya dengan para rasul , Yesus menuntut kepercayaan dari mereka.  Yesus sungguh sangat mempercayai sahabat-sahabat-Nya
b.     Yesus sangat menghormati kawan-kawa-Nya , walaupun mereka datang dari masyarakat kalangan bawah. Yesus menerima mereka apa ada nya .
c.      Yesus menuntut cinta dari sahabat-sahabat-Nya . yesus juga mencintai mereka tanpa batas.

2.     Yesus adalah Idola Sejati bagi Kaum Remaja
Ciri-ciri kepribadian Yesus antara lain adalah sebagai berikut :
a.     Yesus dekat dengan sesame
Pengajaran Yesus sungguh prakris dan manusiawi. Berulang-ulang Ia berbicara tentang kebersamaan dan kasih saying. Yesus berbicara dalam bahasa yang mudah di mengerti. Singkatnya, seluruh cara dan sikap hidup Yesus , sampai dengan isi dan tutur kata-Nya menunjukkan bahwa ia sangat “dekat” dengan sesame-Nya , khususnya rakyat biasa yang sederhana.
b.     Yesus sangat “terbuka” terhadap siapa saja yang datang kepada-Nya
Yesus bergaul dengan siapa saja, termasuk dengan para pendosa dan kaum wanita
Pertama :sikap Yesus kepada kaum pendosa
Bagi orang yahudi dosa itu menular seperti kuman. Karna bayangan seorang berdosa, tinggal serumah dengan orang jahat, apalagi makan bersama, mereka berarti kena dosa itu sendiri , menjadi orang berdosa. Yesus justru bergaul dengan pegawai pajak yang di anggap umum sebagai koruptor dan pemeras. Yesus bertemu dan menyapa orang-orang setengah kafir seperti bangsa Samaria dan mendatangi negri-negri orang kafir dan berbicara akrab dengan mereka.
Kedua : Yesus bergaul dengan Wanita
Anggapan masyarakat Yahudi , wanita itu penggoda.  Yesus justru bergaul dengan wanita. Yesus menyapa dan bergaul dengan wanita-wanita kafir yang belum di kenal-Nya seperti wanita Samaria itu. Yesus bukan saja bergaul dengan sembarang wanita, tetapi juga berusaha untuk membela wanita-wanita sundal , juga wanita yang tertangkap basah sedang berbuat dosa. (Yoh 8:1-11)
c.       Yesus berani membela kebenaran dan keadilan secara konsekuen
Yesus berani mengatakan dengan terus terang kepada ahli-ahli taurat , orang-orang farisi dan orang-orang munafik. Ia berani membela rakyat kecil dengan mengkritik dan menyerang setiap penindasan dan ketidakadilan walaupun penuh risiko bagi hidup-nya .
d.     Yesus adalah orang yang sungguh “beriman”
Yesus sungguh menghayati Allah yang dekat itu dan yang memanggil-Nya untuk melakukan kehendak-Nya pada setiap situasi konkret. Beriman kepada Allah berarti menyadari kehadiran-Nya di dalam kehidupan kita sehari-hari , mendengarkan panggilan-Nya dalam setiap situasi konkret dan berusaha menjawab panggilan-Nya sebaik-baiknya.
Iman selalu merupakan tantangan. Iman menjadi cemerlang justru dalam tantangan. Sebagai seorang beriman , Yesus dapat mengatasi semua tantangan.
Yesus sungguh-sungguh idola bagi kita kaum remaja , terutama pada zaman yang penuh tantangan ini.





B.   Yesus Putra Allah dan Juru Selamat

                                                            GELAR-GELAR YESUS
1.     Yesus itu “Tuhan”
Yesus Tuhan berarti Yesus yang memiliki kuasa untuk mengatur atau memimpin.
·        Gelar “Tuhan” menunjukkan kedudukan dan peranan Yesus sebagai tokoh yang di  
·         Gelar “Tuhan” di kaitkan dengan peranan Yesus sebagai peyelamatan manusia.
·        Gelar “Tuhan” erat sekali hubungannya dengan kemuliaan yang akan datang kembali dengan kemuliaan-Nya.
·        Gelar “Tuhan” adalah gelar yang sarat dengan wibawa atau kekuasaan Yesus. Anak manusia adalah Tuhan atas hari sabat.
·        Gelar “Tuhan” teristimewa adalah seruan doa tobat ibadat .
·        Seruan “Tuhan Yesus” adalah seruan Iman.

2.     Yesus adalah “Anak Allah”
Makna dari gelar Yesus sebagai Allah menurut kitab suci adalah sebagai berikut :
·        Gelar “Anak Allah” menunjukkan hubungan khas antara Yesus dan Allah .
·        Gelar “Anak Allah” juga menunjukkan bahwa antara Yesus dan Bapa berbeda.
·        Gelar “Anak Allah” menunjukkan hubungan antara Bapa dan Anak adalah hubungan istimewa dalam segi “ketaatan”
·        Gelar “Anak Allah” juga menunjukkan pengetahuan-Nya yang istimewa tentang Allah.
·        Gelar “Anak Allah” juga memperlihatkan “kewibawaan Yesus”

3.     Yesus adalah Juruselamat
·        Yesus datang untuk menyelamatkan manusia dari dosa
·        Keselamatan yang di bawa Yesus erat hubungannya dengan karunia Allah
·        Keselamatan Kristen di hubungkan dengan hidup dan perjuangan Yesus Kristus
·        Keselamatan itu berkembang dalam pewartaan
·        Keselamatan dalam geraja terlaksana secara sacramental.
·        Yesus sebagai juruselamat datang untuk menolong manusia karna manusia tidak dapat menolong dirinya sendiri di hadirat Allah.

                                     MAKNA GELAR-GELAR YESUS BAGI KITA
1.     Umat Kristiani Mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan
Jika kita mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan , maka itu berarti :
·        Kita menjadikan Yesus sebagai pimpinan atau junjungan yang mengarahkan hidup kita
·        Kita menjadikan kata-kata Yesus sebagai kata terakhir sebab kata-kata-Nya adalah sabda Tuhan
·        Pengakuan terhadap Yesus merupakan pengakuan Iman yang merupakan semboyan perjuangan sampai tuntas.

2.     Umat Kristiani mengakui bahwa Yesus adalah Anak Allah
Jika kita mengakui Yesus sebagai Anak Allah , maka itu berarti :
·        Yesus merupakan teladan bagi kita
·        Yesus adalah pribadi yang menampilkan wibawa dan pesona ilahi
·        Yesus dekat dengan Allah yang tersuci dan pantas di hormati

3.     Umat Kristiani mengakui bahwa Yesus adalah Juru Selamat
jika kita mengakui Yesus sebagai Juru Selamat, maka itu artinya ;
·        Kita bersedia mengikuti-Nya dan bersedia di baptis sebagai tanda imanakan tawaran keselamatan dari Yesus.
·        Yesus sebagai penolong untuk sampai kepada Allah , karna kita tidak dapat menolong diri kita sendiri di hadirat Allah.
·        Yesus telah membebaskan kita dari dosa dan maut ; percaya bahwa kita adalah orang-orang yang telah di selamatkan.




                                                                   BAB  VII
                      ROH KUDUS DAN ALLAH TRITUNGGAL
A.  Roh Kudus
                                                 TANDA ATAU LAMBANG ROH KUDUS
Tanda-tanda dan lambing-lambang yang sering di gunakan untuk Allah Roh Kudus antara lain sebagai berikut :
1.     Air  : Air adalah lambing tindakan Roh Kudus
2.     Urapan : urapan dengan minyak suci dakam inisiasi Kristen melambangkan Roh Kudus
3.     Api : api melambangkan daya transformasi Roh Kudus
4.     Awan dan sinar : melambangakan kehadiran penampakan Roh Kudus
5.     Meterai : meterai adalah lambing yang erat kaitannya dengan pengurapan.
6.     Tangan : yesus menyembuhkan orang sakit dan memberkati anak-anak kecil dengan meletakkan tangan ke atas mereka.
7.     Jari : dengan jari Allah dapat mengusir setan
8.     Merpati : lambang pembabtisan
                                               KARYA DAN KARUNIA ROH KUDUS
1.     Karya Roh Kudus
a.     Pada peristiwa pentekosta , Roh Kudus Membawa Bahasa Saling Pengertian
ketika para rasul tampil dan berkothbah , ternyata bahasa mereka di mengerti oleh semua orang yang hadir pada waktu itu. Dan pada hari itu juga , ribuan orang di baptis dan masuk dalam persekutuan para rasul . itu semua adalah karya roh kudus yang mempersatukan manusia.
b.     Pada peristiwa pentekosta , Roh Kudus Membawa Persatuan dan Persekutuan
Suasana saling mengerti menciptakan keterbukaan untuk saling menerima, untuk bersatu, dan bersekutu.
c.      Roh Kudus Memberanikan
Para rasul yang sebelumnya takut dan bersembunyi , pada hari raya pentekosta mereka berani keluar rumah dan berkotbah member kesaksian tentang Yesus Kristus.
d.     Roh Kudus Membawa Pembaharuan
Kehadiran Roh Kudus mengubah kita menjadi Anak Allah. Roh Kudus adalah sunber rahmat .
2.     Karunia Roh Kudus
Ketujuh karunia Roh Kudus itu adalah sebagai berikut :
1.     Roh Kebijaksanaan
Roh kebijaksanaan membantu kita untuk mengenal perkara-perkara Allah dan meniali segala sesuatu menurut “kaca mata” Allah.
2.     Roh Pengertian
Roh pengertian memampukan akal budi kita untuk mengenal keagungan Tuhan, memahami kebenaran Allah dan melaksanakannya dalam hidup sehari-hari.
3.     Roh Nasehat
Roh nasehat membantu kita untuk dapat menilai dan mengambil keputusan secara tepat dan memilih jalan yang paling aman dan berkenan pada Allah.
4.     Roh keperkasaan
Roh keperkasaan menguatkan kehendak kita agar tekun dalam iman , berani menanggung resiko sebagai orang Kristen , dan memikul salib kita.
5.     Roh Pengenalan
Roh pengenalan membantu kita untuk mengenak Tuhan dan diri sendiri .
6.     Roh kesalehan
Roh kesalehan akan menyembuhkan hati kita yang keras agar semakin terbuka untuk mencintai Allah dan sesama.
7.     Roh Takut akan Tuhan
Mengajarkan kita untuk menghormati Allah dengan penuh Cinta.
B.   Tritunggal Mahakudus
                                                             ALLAH TRITUNGGAL
1.     Beberapa Istilah (terminology) yang menyangkut Tritunggal
Kita percaya satu Allah tiga diri :
a.     Arti Allah kita SATU ( TUNGGAL)
“SATU ALLAH” menunjukkan kepada kesempurnaan Allah , keutuhan Allah , dan kepenuhan Allah.
b.     Arti TIGA PRIBADI dalam SATU ALLAH
Allah adalah satu pribadi dan tiga diri , artinya Allah adalah Dia yang berelasi, menyapa, merangkul, menghadirkan diri, dan mengkomunikasikan diri .
2.     Doa-doa Ibadat yang Mengungkapkan Iman kepada Tritunggal Mahakudus
a.     Tanda Salib : “Demi Nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus “
Apa artinya tanda salib ?
·        Sebagai peringatan akan Yesus yang mati di salib sebagai juru selamat manusia
·        Sebagai tanda karya penyelamatan
·        Menandai dirinya denga salib sambil menyerukan nama bapa.

b.     Doa “Kemuliaan” (Gloria)
Apa isi doa kemiuliaan :
·        Jika kita mendoakan  kemuliaan kita ingat semua yang  dilakukan Allah bagi kita.
·        Jika kita mendoakan kemuliaan kita mengingat Putra Allah yang setara dengan Bapa , yang menghapus dosa dunia yang menebus kita
·        Dalam doa kemuliaan , kita memuliakan Allah

c.      Syahadat (credo)
Apa yang di ungkapakan dalam syahadat ?
·        Syahadat sesungguhnya merupakan pengakuan Iman akan Allah Tritunggal
·        Syahadat merupakan ringkasan seluruh sejarah suci
d.     Doxology
Apa arti dan isi dari Doxologi ?
·        Doxology artinya doa pujian. Cirri khas doxology dalam liturgy ekaristi adalah susunannya triniter
·        Pada akhir doa syukur Agung  doa doxology akan di doakan

e.      Pembaptisan
Penbaptisan orang kristiani memakai rumusan trinitas.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-Macam Alat Musik

Perbedaan Jaringan Peer To Peer dan Clint Server